People Innovation Excellence

Mengenal Interactive Multimedia

Interactive Multimedia adalah sebuah topik dari computer science yang mendalami berbagai metodologi dan teknologi dari pengembangan aplikasi berbasis multimedia. Kata Interactive Multimedia sendiri merupakan gabungan dari 2 kata, yaitu kata interactive yang mempunyai arti bersifat saling melakukan aksi, antar-hubungan, dan saling aktif, kata multimedia adalah penggunaan media yang menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video. Interactive multimedia biasanya mengacu pada produk dan layanan pada digital sistem berbasis komputer yang menanggapi tindakan interaksi pengguna dengan menghadirkan konten seperti teks, suara, gambar, animasi dan video.

Sekarang ini, multimedia sudah mulai banyak digunakan diberbagai industri, antara lain: Industri komersial seperti untuk portfolio, iklan digital; Industri kreatif seperti aplikasi game, film, animasi; Industri pendidikan seperti perangkat ajar, edutaiment, perangkat simulasi, dan industri lainnya.

Pekerjaan dibidang interactive multimedia, setiap tahun mengingkat pesat, seiring dengan pergeseran menuju ke industri kreatif.  Di Indonesia sendiri industri kreatif memberikan kontribusi sebesar 7.74% dari total nilai PDB dari tahun 2002-2010 (menurut Kementerian Perdagangan RI). Pekerjaan dibidang Interactive Multimedia diantaranya Multimedia artist, Multimedia designer, Multimedia engineer, Game Artist, Game designer, Game engineer, consultant, dan researcher.


Published at : Updated
Written By
Andry Chowanda
Concentration Content Coordinator

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close