People Innovation Excellence

Peminatan Jaringan Komputer

Internet Connectivity An Overview -- Wikipedia
sumber : Internet Connectivity An Overview — Wikipedia

Di masa sekarang dimana setiap komputer di dunia dapat berkomunikasi antara satu dengan lainnya diperlukan suatu keahlian yang menguasai ilmu yang memungkinkan hal itu terjadi dan mengelolanya. Ilmu tersebut bernama Jaringan Komputer yang merupakan cabang ilmu dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana komputer saling berkomunikasi sehingga antara komputer satu dengan lainnya dapat saling betukar informasi sehingga komputer dapat melakukan hal-hal seperti surel (E-Mail), pesan instan, maupun mengakses informasi dari situs. Komputer dalam hal ini tidak terbatas hanya desktop komputer atau laptop tetapi lebih luas mencakup mobile device.
Teknologi jaringan komputer sudah cukup maju sampai saat ini. Dimulai sejak tahun 1950-an dengan komunikasi point-to-point antara mainframe dengan terminal kemudian berkembang menjadi komputer ke komputer. Selanjutnya pada akhir tahun 1960-an dan awal tahun 1970-an DARPA mengembangkan ARPANET yang ditujukan untuk menghubungkan komputer-komputer menjadi suatu kesatuan. Pada tahun 1982 dikembangkan protokol yang dinamakan TCP/IP yang kita gunakan sampai saat ini. Pada pertengahan tahun 1990 Barnes Lee merancang suatu program penyunting dan penjelajah yang kita kenal sekarang sebagai World Wide Web (WWW). Dan pada masa sekarang Jaringan Komputer sudah menjadi kebutuhan sekunder karena kontak sosial menggunakan Facebook, Twitter dan sebagainya sangat membutuhkan jaringan tersebut. Media yang digunakan pada jaringan komputer juga beragam. Mulai yang paling sederhana menggunakan kabel tembaga sampai dengan serat optik, nirkabel dan satelit.
Karir yang berkaitan dengan jaringan komputer cukup banyak. Dikutip dari About.com karir-karir yang berkaitan dengan jaringan komputer antara lain Network Administrator, Network (Systems) Engineer, Network (Service) Technician, Network Programmer/Analyst, Network/Information Systems Manager dan sebagainya. Untuk posisi yang terendah yaitu Network Administrator di Indonesia dengan pengalaman 2 – 6 tahun dikutip dari Indonesia Salary Guide Kelly Services 2011/2012 kompesasinya dimulai dari 5 juta – 9 juta Rupiah dan di Singapura dikutip dari sumber yang sama kompensasinya dimulai dari 4000 SGD – 7000 SGD.


Published at : Updated
Written By
Bayu Kanigoro, S.Kom., M.T.
Concentration Content Coordinator -- Network & Database
Leave Your Footprint
  1. Nice info pak, btw materi yg Applied Network segera disusulkan pak. thx

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close