People Innovation Excellence

Hooray I passed the DB2 Certification

Inilah yang ditunggu-tunggu sejak mengikuti matakuliah Current Popular IT 2 yang diajarkan oleh Pak Michael Yoseph Ricky, beliau yang mengantarkan kami ke pintu sertifikasi DB2 oleh IBM. Sertifikasi berlangsung pada tanggal 26 Januari 2012 pukul 09.00-selesai. Sertifikasi ini diadakan khusus hanya untuk mahasiswa yang mengambil matakuliah Current Popular IT 2. Selain perkuliahan teori, juga ada praktek di ruangan praktikum yaitu di ruangan 721 dan 723.

Karena Imlek yang cukup sibuk, berhubung mamaku datang dari Jambi ke Tangerang (menginap di tempat tanteku), karena mau pergi liburan ke Bali sampai tanggal 26 Januari 2012, jadi aku tidak ikut ke Bali  demi mengikuti sertifikasi DB2. Akhirnya dengan waktu yang ada, aku mulai intensif belajar dari tanggal 21 Januari 2012 dan dilanjutkan tanggal 25 Januari 2012 malam. Berhubung temanku, Ricky Winata dan Albert mengerjakan skripsi di kamarku, jadinya kurang konsentrasi belajar, tetapi dengan bermodalkan materi yang dikasih dan latihan-latihan,  akhirnya tidur juga jam 2 pagi.

Yang terpenting, aku harus mengingat kembali materi yang diajarkan di dalam kelas. Untungnya mencatat cukup banyak, jadi cukup banyak yang menempel di dalam ingatan. Di hari H, aku berangkat ke Binus dan sampai jam 9 pagi. Binus masih sepi, tetapi ternyata sudah banyak teman-teman yang menunggu di depan 721-723. Selama sertifikasi ditemani oleh Pak Michael Yoseph, Pak Bayu Kanigoro, dan Pak Hendrawan dari IBM Indonesia.

Langsung saja sertifikasi dimulai secara online,  jadi pada hari tersebut ruangan lab yang dipakai sertifikasi bisa mengakses internet. Sertifikasi ini memiliki kode Test 000-302: DB2 9 Database and Application Fundamentals. Ada 60 soal semua harus dijawab dengan durasi 1 jam 30 menit . Di tengah pengerjaan sertifikasi, Pak Michael Yoseph mengulang terus informasi mengenai keuntungan lolos dari sertifikasi yaitu IBM Indonesia meminta setiap orang yang telah tersertifikasi untuk mengumpulkan CV, tujuannya agar yang sudah certified dapat bekerja di IBM atau di business partner IBM, dengan memiliki sertifikasi akan menjadi nilai lebih saat melamar pekerjaan dimanapun.

Untuk bisa lulus dari sertifikasi DB2 ini minimal menjawab dengan benar sebanyak 36 soal dari 60 total soal yaitu sekitar 60% untuk lolos dan “certified“. Aku menjawab apa yang kuingat . Dengan bermodalkan sungguh-sungguh, maka hasilnya sungguh-sungguh, dan juga jika ini emang jalanku ke depannya, maka mudahkanlah , jika tidak, terimalah.

Pas aku selesai, ternyata sudah ada yang selesai juga. Tidak terasa cepat juga ya, kemudian salah satu aslab yang membantu jaga di ruangan mengambil daftar hadir dari IBM dan daftar hadir Binus. Dia langsung menuju ke tempatku, tidak menyangka ternyata aku yang pertamax toh. Masih belum tahu hasilnya bagus atau tidak ya ? Kemudian setelah melihat hasilnya ternyata aku lolos!!!!  Tertulis PASSED sebanyak 39 benar dari 60 soal!! Alias 65% passed!  Wow dag dig dug nih, bersyukur bisa lolos dan certified DB2. Wah senang sekali hati ini  ditambah lagi siangnya aku dan Halena akan mengumpulkan softcover skripsi. Tapi kalau tidak salah temanku, Daniel mendapatkan nilai 71%an. Congratz ya! Berikut hasil printscreen kelulusanku 

IBM DB2 Certification

Special thanks to Binus University  untuk matakuliah Current Popular IT 2 yang diajarkan oleh Pak Michael Yoseph Ricky. Pak Bayu Kanigoro sebagai pemantau di lapangan, dan yang paling penting ke IBM Indonesia  atas diselenggarakannya tes ini.

Penulis : Jefriyanto Guang

Article ini re-published dari http://blog.jflinq.com/2012/01/26/hooray-i-passed-the-db2-certification-binus-university/

Semoga dapat menjadi referensi bagi yang ingin mengambil peminatan Database.

Terima kasih


Published at : Updated
Leave Your Footprint
  1. Mau nanya nih, sertifikasi nya itu diselenggarakan dari IBM melalui Binus dengan biaya atau tidak dikenakan biaya? dan ini tes wajib untuk mahasiswa peminatan database semester berapa? sifatnya memang tidak ajib atau request dari mahasiswa? cara untuk mengikuti sertifikasi nya ini bagaimana ya caranya? untuk mahasiswa yang masih duduk di semester empat atau lima tetapi mau ambil tes sertifikasi ini bisa atau tidak? mohon balasannya. terima kasih 🙂

    • Sertifikasi ini sebesar USD 200, dengan kerjasama antara Binus dan IBM setiap mahasiswa yang telah lolos dalam kualifikasi yaitu yang mendapatkan nilai UTS >= 75 berhak mendapatkan 1 kali kesempatan untuk mengikuti sertifikasi. Semua difasilitasi oleh pihak Binus dan bukan berdasarkan request dari mahasiswa. Untuk mahasiswa yang belum pernah mengikuti matakuliah ini, silahkan mengikuti sertifikasi ini (sendiri dan berbayar) secara online di ibt.prometric.com/ibm. Disarankan untuk mempelajari dan mempersiapkannya dengan baik, karena jika failed uang yang sudah dibayarkan tidak dikembalikan.
      Hanya mahasiswa yang mengambil matakuliah Current Popular IT II yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti sertifikasi, tidak wajib untuk semua yang mengambil peminatan database.

      Terima kasih.

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close