People Innovation Excellence

Kolaborasi Riset NUNI hasilkan Intelligent Telepresence Robot

Binus University telah berhasil menjalin kerjasama Hibah  Riset NUNI(Nationwide University Network in Indonesia) dengan Univ. Parahyangan, Univ. Petra dan Univ Surabaya dalam pengembangan Intelligent Telepresence Robot dengan kemampuan penghindaran halangan menggunakan Interval type-2 Fuzzy Logic Controller. NUNI merupakan singkatan dari Nationwide University Network Indonesia  yang merupakan kolaborasi strategis antara universitas-universitas di Indonesia dengan tujuan  “Creating value in academic excellence through mobility of research, faculty and student ”. NUNI saat ini memiliki 21 anggota dari 21 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia.  Hibah Riset NUNI akan memberikan dana penelitian maksimal 100juta rupiah untuk tim penelitian yang memiliki anggota dari berbagai PT di Indonesia.

Ketua dari tim penelitian Telepresence Robot pada tahun  ini adalah Bpk. Dr.  Widodo Budiharto (Binus University), dengan anggota Bpk. Bayu Kanigoro, M.T (BInus University), Dr. Cecilia Nugraheni( Univ. Parahyangan), Bpk. Resmana Lim, MSc( Univ Petra) dan Bpk. Hendi Wicaksono, MT(Univ Surabaya) dan di support oleh Computing Laboratory, SoCS BINUS University yang diwakili oleh Bpk. Muhsin Shodiq, MSc.

Telepresence Robot  yang dapat dikendalikan Laptop / PC yang dihasilkan mampu digunakan untuk berkomunikasi /video conferencing system atau supervisi melalui jaringan komputer, dimana fitur ini sangat diperlukan di masa yang akan datang.  Hasil riset ini juga telah dihasilkan Buku untuk pengajuan HKI dan publikasi pada Jurnal International terindex Scopus bereputasi tertinggi (Q1).

.

 

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint
  1. silahkan jika tertarik hubungi saya 🙂

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close