People Innovation Excellence

PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI MESIN PENCARI TOPIK SKRIPSI DENGAN SISTEM TEMU BALIK INFORMASI DAN MODEL RUANG VEKTOR DARI PEMBOBOTAN TF-IDF

PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI MESIN PENCARI TOPIK SKRIPSI DENGAN SISTEM TEMU BALIK INFORMASI DAN MODEL RUANG VEKTOR DARI PEMBOBOTAN TF-IDF

Oleh :  Sofia, Nilo Legowo, Rojali

Perkembangan internet membuat kebutuhan akan informasi yang relevan semakin meningkat. Salah satu cara untuk mendapatkan informasi yang relevan di internet adalah dengan menggunakan aplikasi mesin pencari. Aplikasi mesin pencari merupakan bentuk penerapan dari sistem temu balik informasi. Pencarian topik skripsi adalah salah satu masalah yang dihadapi oleh setiap mahasiswa di akhir masa kuliah. Salah satu cara untuk membantu memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan mesin pencari, khususnya mesin pencari yang memang secara khusus mencari data dari skripsi-skripsi yang pernah dibuat sebelumnya. Agar lebih efektif, pencarian yang dilakukan sebaiknya tidak hanya berdasarkan judul dari skripsi, melainkan juga berdasarkan abstrak dari skripsi-skripsi tersebut.

Metodologi yang digunakan adalah dengan melakukan kajian studi pustaka yang telah ada, kemudian membuat sebuah mesin pencari dengan menerapkan model ruang vektor dari pembobotan TF-IDF. Disini masing-masing term diberi bobot baik terhadap dokumen tempat term tersebut berada maupun terhadap dokumen-dokumen lain yang ada. Kemudian diukur tingkat kesamaannya menggunakan model ruang vektor terhadap query yang dicari. Dalam perancangan, digunakan diagram UML untuk menjelaskan dasar perancangan sistem.

Hasil pencarian menggunakan sistem temu balik informasi dengan model ruang vektor dari pembobotan TF-IDF akan menghasilkan dokumen-dokumen yang terurut kemiripannya dengan query yang dicari oleh user.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close