People Innovation Excellence

PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI AUDIO STEGANOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KRIPTOGRAFI RIJNDAEL ADVANCED ENCRYPTION STANDARD

Oleh :  Yan Marchell Suharja, Lukas Siswanto Tanutama, Wikaria Gazali

 

Perkembangan teknologi, khususnya pada dunia pertukaran kebutuhan informasi semakin meningkat pesat, seiring dengan kebutuhan manusia yang juga meningkat. Manusia mencari berbagai cara agar infomasi dapat terseampaikan dengan cepat, tepat, dan aman. Keamanan merupakan satu hal yang paling sering dikhawatirkan oleh orang, apalagi jika informasi tersebut merupakan hal yang bersifat rahasia.

Untuk menyelesaikan masalah keamanan pengiriman data maka cara yang paling sederhana ditempuh dengan cara melakukan enkripsi. Enkripsi dilakukan ketika data akan dikirim. Proses ini akan mengubah suatu data asal menjadi data rahasia yang tidak dapat dibaca. Sementara itu, proses dekripsi dilakukan oleh penerima data yang dikirim tersebut. Tetapi hal tersebut tidak lagi menjadi satu jaminan keamanan data. Cara lain yang biasa ditempuh selain enkripsi adalah melakukan penyamaran informasi (steganografi).

Adapun maksud dari penelitian ini adalah untuk membuat perangkat lunak yang berguna untuk menggabungkan dua upaya pengamanan data tersebut. Pengiriman informasi yang telah di enkripsi dengan menggunakan algoritma Rijndael Advanced Encription Standard (AES) akan disamarkan melalui media file audio dengan metode Least Significant Bit (LSB). Dengan kombinasi dua metode ini diharapkan masalah keamanan informasi dapat teratasi.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close