People Innovation Excellence

ANALISA DAN PERANCANGAN JARINGAN VIRTUAL PRIVATE NETWORK BERBASIS L2TP/IPSEC PADA PT. LEGREEN

Oleh :  Paramita Adyarini, Rheza Rofic Arifianto, Dimas Prasetyo, Dahlan Martadiredja

Masalah yang mendasari diadakannya implementasi karya tulis ini adalah adanya user yang membutuhkan koneksi yang dapat terhubung langsung pada komputer server yang berada pada kantor pusat yang dapat diakses dari lokasi yang berbeda serta kebutuhan akan akses data dan informasi yang lebih aman. Hal inilah yang mendasari pembuatan Virtual Private Network (VPN) dengan menggunakan protokol L2TP/IPSec pada PT LeGreen. Dengan adanya VPN pada PT LeGreen diharapkan mampu menembus batas ruang dan waktu yang menjadi kendala bagi staff IT selaku user dalam melakukan pengawasan terhadap komputer server yang berada pada kantor pusat pada saat ia sedang tidak berada pada lokasi kantor pusat. Metode yang digunakan meliputi pengumpulan data dengan melakukan studi kepustakaan, studi lapangan dengan melakukan observasi langsung pada perusahaan yang bersangkutan, melakukan analisa jaringan yang sudah berjalan, melakukan perancangan VPN serta simulasi VPN yang diimplementasikan. Hasil dari implementasi adalah VPN yang mampu menghubungkan komputer server yang berada dengan kantor pusat dengan komputer portable yang digunakan oleh user. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan teknologi VPN mempermudah pertukaran data dan maintenance pada komputer server.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close