People Innovation Excellence

ANALISIS DAN IMPLEMENTASI INTRUSION DETECTION SYSTEM DIREKTORAT KEAMANAN INFORMASI KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Oleh :  Aditya Gagat Hanggara, Rusdianto Roestam

Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah menganalisis dan mengimplementasi sistem Intrusion Detection System (IDS) berbasis Snort pada layanan GovCSIRT (Government Computer Security Incident Response Team) jaringan Direktorat Keamanan Informasi di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, sehingga administrator jaringan dapat memonitor dan mendeteksi adanya ancaman serangan. Dengan adanya sistem IDS ini diharapkan administrator jaringan dapat memberikan respon yang cepat ketika terjadinya serangan tanpa harus menunggu efek yang lebih berat. Metode penelitian yang digunakan meliputi metode analisis dengan pendekatan top-down approach, survei sistem yang sedang berjalan dan studi pustaka. Untuk metode perancangan meliputi rencana penempatan IDS di topologi jaringan, mekanisme, instalasi dan konfigurasi dari Snort. Hasil dari penulisan penelitian ini adalah implementasi Intrusion Detection System berbasis Snort di situs/portal GovCSIRT yang dikelola Direktorat Keamanan Informasi. Dilakukan pengujian untuk memastikan sistem yang diimplementasikan berjalan baik dengan melakukan simulasi penyerangan Denial of Service (DOS). Simpulan dari penelitian ini adalah, diimplementasikan Intrusion Detection System pada situs – situs milik pemerintah khususnya pemerintah daerah, diharapkan para administrator jaringan milik pemerintah (daerah) dapat mendeteksi ancaman serangan lebih cepat dan tepat.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close