People Innovation Excellence

MONITORING SISTEM JARINGAN MENGGUNAKAN OBSERVIUM DI DITJEN SDPPI KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Oleh :  Sabtarian Laneyga, Dede Gunawan, Muhamad Iqbal, Dahlan Martadiredja

Direktorat Jendral SDPPI adalah bagian dari kementerian komunikasi dan informatika yang berfokus pada pengaturan, pengelolaan dan pengendalian sumber daya dan perangkat pos dan informatika yang terkait dengan penggunaan oleh internal (pemerintahan) maupun oleh publik atau masyarakat. Tujuan penelitian ini ialah memahami dan menganalisa sistem monitoring jaringan yang sedang berjalan di DITJEN SDPPI dan mengatasi kekurangan yang ada pada sistem monitoring tersebut dengan menambahkan system monitoring Observium yang telah di integrasikan dengan Smokeping dan Collectd. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, wawancara, observasi dan perancangan. Hasil yang ingin dicapai adalah system monitoring yang ada pada SDPPI menjadi lebih baik dalam network traffic monitoring, resource monitoring dan dapat mengukur latency, sehingga network monitoring system yang ada menjadi lebih powerfull dan membantu network administrator dalam mengambil keputusan dari network traffic yang lebih real time dan resource monitoring serta hasil pengukuran latency yang ada. Simpulan dari penelitian ini adalah Dengan menggunakan network monitoring system Observium maka SDPPI tidak perlu menambah biaya license untuk melengkapi kekurangan yang ada pada Everest serta implementasi dan integrasi network monitoring system Observium berhasil diterapkan dengan baik pada SDPPI.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close