People Innovation Excellence

PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE PADA SOFTWARE LABORATORY CENTER BINUS UNIVERSITY

Oleh :  Danella Indriani, Risan Susanti,  Hendro, Dennise Adrianto

Teknologi informasi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat saat ini.Perkembangan teknologi informasi ini telah memberikan dampak yang besar dalam banyak aspek kehidupan. Hal ini ditandai dengan semakin banyak orang yang menggunakan serta memanfaatkan teknologi informasi. Salah satu teknologi informasi yang sedang berkembang saat ini adalah web. Web memungkinkan berbagai sarana pendukung informasi dan bisnis menjadi lebih efisien. Karena pengaksesannya yang dapat dilakukan dari mana saja, situs web juga telah menjadi sarana bagi perusahaan dalam berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan.

Software Laboratory Center adalah salah satu unit layanan teknis pada Universitas Bina Nusantara yang secara khusus menangani kegiatan praktikum bagi mahasiswa yang mendapatkan matakuliah pemrograman (programming). Kegiatan praktikum dilaksanakan secara langsung oleh para asisten. Untuk meningkatkan kualitas layanan, Software Laboratory Center secara terus menerus melakukan inovasi.

Sebagai contoh salah satu usaha Software Laboratory Center dalam meningkatkan kualitas layanan sebelumnya adalah dengan membuat bahan mengajar tambahan seperti Hands on Lab (HOL) dan Video Tutorial. Hands On Lab merupakan tutorial dalam bentuk dokumen portable yang dapat dijadikan panduan bagi mahasiswa. Sedangkan Video Tutorial adalah tutorial dalam bentuk video yang interaktif. Hands On Lab (HOL) ini biasanya didistribusikan secara manual ke mahasiswa oleh asisten pada saat kegiatan praktikum berlangsung sedangkan untuk Video Tutorial, asisten memberi informasi ke mahasiswa tentang cara pengaksesannya di saluran video Youtube. Tidak meratanya proses distribusi dan penyampaiaan informasi serta format dokumen yang tidak fleksibel telah menjadi kekurangan dan masalah dari Hands On Lab (HOL) dan Video Tutorial.

Oleh sebab itu, dibutuhkan sebuah tutorial untuk mahasiswa yang dapat diakses tanpa terbatas waktu, tempat, dan format dokumen. Selain hal itu Software Laboratory Center juga menginginkan sebuah sistem yang dapat mengukur kemajuan proses pembelajaran. Sebagai dasar pemikiran ini maka akan dibuat sebuah sistem pembelajaran berbasis web yang diberi nama Online Learning System yang dapat diakses bukan hanya oleh mahasiswa Universitas Bina Nusantara tetapi juga masyarakat luas.

Untuk mendukung dan mempermudah pengolahan data Online Learning System pada Software Laboratory Center – Universitas Bina Nusantara, maka digunakan database SQL Server 2008 untuk menyimpan data yang diperkukan dan PHP dengan framework Code Igniter sebagai layanan bantuan untuk mengatur dan mengolah data menjadi informasi yang dibutuhkan.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close