People Innovation Excellence
 
Feature Image

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI RE-ARSITEKTUR JARINGAN BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEMENTERIAN PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA DI SALEMBA

Oleh :  ANDI HIMAWAN NUGROHO, BINAR ARFA DARUMAYA, Rudi Tjiptadi

Tujuan dari penelitian ini adalah dapat mendukung proses re-arsitektur yang dilakukan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dalam menentukan desain jaringan baru yang optimal untuk diterapkan dan mengurangi jaringan yang lambat serta meningkatkan kinerja jaringan dengan kebutuhan arus data saat ini. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode analisis data dengan melakukan survey, studi pustaka dan perancangan dengan melakukan analisis topologi, merancang topologi fisik, logic, implementasi, analisis dan evaluasi.Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa perlu adanya pergantian backbone dengan kabel fiber optik dan penerapan VLAN pada jaringan. Hasil yang dicapai adalah berupa rancangan jaringan yang baru dapat memenuhi tujuan penelitian dan hasil analisis masalah. Simpulan yang didapat adalah hasilimplementasi re-arsitekturjaringan yang telahdilakukanadalah cukuppuasdanadapeningkatandalamkinerjajaringansaatini dan dengan adanya VLAN yang diimplementasikanmakabroadcast storm yang terjadidapat di kontrol.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close