People Innovation Excellence

E-APPLICATION MONITORING SISTEM INTEGRASI PADA MODUL UMUM SIM-BMN KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Oleh :  Billion Satya Saputra Goenawan, Y. Nico Adriel Saputra, Abi Tiyoso Suryo Nugroho, Cuk Tho

Tim penulis mengerjakan sebuah website yang berfungsi untuk membantu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan agar tercipta sebuah sistem pengorganisasian keuangan yang lebih cepat diterima oleh pihak terkait sehingga lebih mudah dalam monitoring-nya. Secara keseluruhan, proyek pembuatan website tersebut terdiri atas 9 modul yang diberi nama SIM-BMN. Namun, atas arahan dari PT.Quadra Solution (perusahaan tempat tim penulis melakukan skripsi internship), tim penulis hanya mendapat bagian untuk meneliti 3 modul saja (3 modul umum) karena perusahaan sudah menganggap bahwa ketiga modul tersebut sudah sangat cukup untuk dijadikan skripsi. Tujuan dari penelitian 3 modul tersebut adalah terciptanya perancangan sistem basis data yang terpusat dari tiga modul yang digunakan oleh SIM-BMN. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metodologi pengumpulan data, metode analisis, dan metode perancangan. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode Analisis terdiri dari identifikasi kebutuhan sistem untuk memulai merancang sistem basis data yang diperlukan dan merancang sistem basis data untuk ketiga modul SIM-BMN. Metode perancangan meliputi Class Diagram, Entity Relational Diagram, Sequence Diagram, dan Use Case Diagram terhadap tiga modul dari SIM-BMN. Hasil dari penelitian ini adalah 3 modul umum SIM-BMN yaitu perencanaan kebutuhan dan penganggaran, pengadaan dan distribusi, dan penggunaan. Simpulan yang didapatkan adalah dihasilkannya website untuk monitoring tiga modul umum yang digunakan oleh SIM-BMN.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close