People Innovation Excellence

PENGEMBANGAN APLIKASI PENDETEKSI KESAMAAN DOKUMEN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA WINNOWING DAN METODE K-GRAM YANG BERBASIS WEB

Oleh :  Insan Ramadhani, Angger Dwi Ardiatma, Sanditya Cakti Bavana, Rhio Sutoyo

Penelitian ini dibuat untuk menciptakan suatu perangkat lunak berbasis web untuk memeriksa kesamaan dokumen. Selain itu, dengan diketahuinya perbandingan kemiripan dokumen berdasarkan persentase toleransi kemiripan yang diberikan, diharapkan dapat membantu mendeteksi kesamaan kata pada dokumen. Metode yang digunakan adalah metode analisis dan metode perancangan waterfall. Hasil yang dicapai adalah aplikasi pendeteksi kesamaan dokumen dengan menggunakan algoritma winnowing dan metode k-gram berbasis web. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan aplikasi pendeteksi kesamaan dokumen dengan membandingkan 2 dokumen mempunyai waktu yang efisien dan dapat membantu dosen dalam mendeteksi kesamaan kata pada dokumen Penggunaan aplikasi pendeteksi kesamaan dokumen dengan membandingkan 2 dokumen mempunyai waktu yang efisien pada jumlah kata 0-500 yaitu antara 1.4367-26.9346 detik. Sedangkan dengan membandingkan 10 dokumen secara bersamaan mempunyai waktu yang efisien pada jumlah kata 0-300 yaitu antara 3.6742-36.5181 detik.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close