People Innovation Excellence

PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM PENGENALAN WAJAH MENGGUNAKAN LOCAL BINARY PATTERN DENGAN VARIASI POSISI WAJAH

Oleh :  Ade Mahendra Lubis;  Jeffrey Joson;  Muhammad Zullidar;  Alexander Agung  S. Gunawan

Banyak peneliti pada bidang kecerdasan buatan yang mengembangkan berbagai metode termasuk di dalamnya metode pengenalan wajah. Pengenalan wajah dapat dilakukan dengan berbagai metode. Namun dengan begitu banyaknya metode pengenalan wajah yang ada akan menimbulkan kebingungan dalam pemilihan metode yang akan diterapkan. Skripsi ini membahas tentang performa Local Binary Pattern. Metode perancangan yang digunakan adalah rapid application development. Rapid application development dipilih karena memilki alur pengembangan aplikasi yang pendek, sehingga pengembangan aplikasi dapat berlangsung dengan cepat. Dan metode ini memungkinkan pengembang dan peneliti sering berinteraksi sehingga dapat menghasilkan aplikasi yang baik dan sesuai dengan kriteria peneliti. Pada pengujian analisa dilakukan terhadap kecepatan proses pengenalan wajah serta ketepatan berdasarkan perubahan nilai threshold dan sudut posisi wajah. Diharapkan algoritma Local Binary Pattern ini dapat digunakan untuk aplikasi yang memilki prosesor dengan komputasi yang lebih rendah. Hasil yang didapatkan baik jika digunakan threshold 75 dan terdapat variasi posisi sudut wajah 0 dan 45 derajat. Melalui hasil tersebut dapat disimpulkan metode Local Binary Pattern dapat memberikan hasil yang baik dalam pengenalan wajah.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close