People Innovation Excellence

PERANCANGAN E-HEALTH SISTEM TELEMEDICINE PENYAKIT DALAM UTUK PRAKTISI KESEHATAN

Oleh :  Gideon, Silvy, Dharma, Nilo Legowo

Aplikasi E-Health yang dikembangkan bertujuan untuk membangun model sistem telemedicine yang bermanfaat bagi berbagai instansi pelayanan kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas. Perancangan aplikasi E-Health menggunakan metode Waterfall yang terdiri dari communication, planning, modeling, construction dan deployment. Pada tahap communication, dilakukan diskusi dengan para dokter di berbagai rumah sakit dan puskesmas. Pada tahap planning,dilakukan perencanaan dengan melakukan studi kasus akan berbagai masalah tentang layanan kesehatan yang terjadi. Pada tahap modeling, dibuat permodelan sistem E-Health yang akan dikembangkan agar sesuai dengan standar sistem layanan kesehatan international yang berlaku. Pada tahap construction, dikembangkan software dengan menggunakan PHP. Pada tahap deployment, dibagikan kuesioner untuk mengetahui respon masyarakat terhadap aplikasi yang dibuat. Aplikasi ini memiliki fasilitas seperti diagnosa melalui video conference & chatting, diagnosa melalui MMS, membuat jadwal konsultasi dengan dokter, melihat hasil medical record, melihat resep obat yang diberikan dokter. Sehingga didapat kesimpulan seperti telemedicine dibuat sebagai sistem informasi yang berlandaskan standar kesehatan international yang dirancang untuk berbagai macam penyakit seperti penyakit dalam yang tidak memerlukan perawatan intensif. Aplikasi sistem telemedicine dapat mempermudah dan mempercepat pasien dalam melakukan pengobatan dan konsultasi sehingga dapat menghemat biaya, waktu, tenaga.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close