People Innovation Excellence

ANALISIS PERGERAKAN HARGA SAHAM MENGGUNAKAN UPPER BAND DAN LOWER BAND BERDASARKAN METODE BOLLINGER BAND

Oleh :  Suhendro, Wiedjaja, Wikaria Gazali

Banyak orang awam yang terjun ke bursa saham tanpa membekali diri dengan pengetahuan yang cukup tentang bagaimana seharusnya investasi itu dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah memberikan pengetahuan analisa teknikal kepada individu yang ingin atau sedang berinvestasi di bursa saham. Analisa teknikal yang dimaksud menggunakan metode Bollinger Band untuk memprediksi pergerakan harga saham.

Metode bollinger band ini menghasilkan batas atas dan batas bawah dari pergerakan saham yang penulis ambil dari 6 perusahaan teknologi terbesar di Amerika Serikat (terdaftar di bursa NASDAQ) berdasarkan perhitungan standar deviasi. Jika harga saham menembus batas atas maka investor akan melakukan posisi short (jual saham kosong), sebaliknya jika harga saham menembus batas bawah maka investor akan melakukan posisi buy.

Dari hasil akhir penelitian dengan menguji data – data di atas, penulis menyimpulkan bahwa metode bollinger band terbukti akurat dan dapat digunakan untuk memprediksi harga 6 saham perusahaan yang telah dipilih penulis sebagai objek penelitian. Tingkat keakuratan (profit) 62.89% lebih tinggi dari tingkat kegagalan (loss) 37.11%. Dari 159 kasus yang mendapatkan signal masuk dan keluar baik dari upper band maupun lower band, terdapat 100 kasus yang mendapatkan keuntungan atau prediksi benar dan hanya terdapat 59 kasus yang rugi atau prediksi salah.

Penulis menyimpulkan bahwa dengan memakai metode bollinger band, investor dapat mengambil keputusan yang tepat dan menguntungkan dalam berinvestasi di bursa saham. Penulis juga menyarankan agar penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk sektor industri saham-saham lain selain teknologi ataupun di bidang instrumen investasi lain seperti forex atau future.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close