People Innovation Excellence

OTOMATISASI PENJADWALAN MATA KULIAH MENGGUNAKAN POTTS NEURAL NETWORKS STUDI KASUS : UNIVERSITAS BINA NUSANTARA

Oleh :  Kurniawan Tanuwijaya, Haryono Soeparno, Wikaria Gazali

Masalah penjadwalan mata kuliah merupakan masalah kombinatorial klasik yang hingga saat ini masih sulit untuk diselesaikan. Padahal setiap institusi pendidikan (Universitas) pasti menghadapi masalah ini dan harus menyelesaikannya.

Sebenarnya telah terdapat banyak metode yang diteliti untuk menyelesaikannya, terutama untuk masalah penjadwalan di Universitas, namun seringkali menghasilkan penjadwalan yang bentrok, memiliki residu dalam resource (dosen, kelas mahasiswa, ruang dan waktu), dan sangat membutuhkan waktu yang cukup lama. Ini disebabkan karena terdapat banyaknya soft constraint / kebijakan Universitas yang harus dipenuhi seperti pilihan slot waktu yang disukai, keterlanjutan dalam ruang, dsb.

Dari berbagai metode yang ada, metode Potts Neural Networks dianggap sebagai metode yang dapat menyelesaikan masalah penjadwalan mata kuliah. Metode tersebut membutuhkan waktu yang tidaklah sedikit, tetapi solusi yang didapatkan lebih baik daripada metode lain, terutama bentrokan penjadwalan yang dihasilkan hampir dipastikan tidak ada.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close