People Innovation Excellence

PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI ESTIMASI KEUNTUNGAN MAKSIMAL PADA PT DAMI SARIWANA DENGAN METODE SIMPLEKS

Oleh :  Mona Dharmawan, Ngarap Imanuel Manik, Wikaria Gazali

Perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi pasti memiliki sumber daya dengan jumlah yang terbatas. Karena keterbatasan sumber daya yang dimiliki, perusahaan harus memanfaatkan sumber daya tersebut secara optimal agar keuntungan yang diperoleh perusahaan dapat maksimal. Di samping itu, pemanfaatan sumber daya yang tidak optimal dapat mengakibatkan pemborosan sumber daya yang akan merugikan perusahaan.

Tujuan dari penelitian ini adalah merancang program aplikasi estimasi keuntungan maksimal pada PT Dami Sariwana. Perusahaan ini bergerak pada bidang produksi yaitu dengan memproduksi jamu tradisional. Penelitian ini hanya dibatasi pada bagian pengemasan pengemasan produk perusahaan. Penggunaan program aplikasi ini diharapkan dapat membantu manager perusahaan dalam mengambil keputusan jumlah produk yang harus dikemas agar keuntungan yang maksimal dapat diperoleh.

Masalah yang diselesaikan di sini adalah masalah optimasi. Teori optimasi sangat aplikatif pada bidang produksi. Ada beberapa jenis teori optimasi, salah satunya adalah Linear Programming yaitu suatu teknik matematis yang bertujuan untuk mendapatkan keputusan optimal. Untuk menyelesaikan Linear Programming ini penulis menggunakan metode simpleks.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close