People Innovation Excellence

PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI KOMPRESI CITRA LOSSY DENGAN TEORI WAVELET HAAR

Oleh :  YOHANES FEBRIAN PURBAYA, Djunaidy Santoso, Wikaria Gazali

Dengan perkembangan teknologi dan beralihnya ke zaman digital, masalah umum yang dihadapi terhadap data (1) image (citra) adalah ukuran file dari citra itu sendiri. Mengingat masih mahalnya harga bandwidth dan semakin besarnya kebutuhan kapasitas penyimpanan data, maka dibutuhkan program aplikasi kompresi citra untuk mempercepat proses download dan upload melalui media internet dan untuk menghemat kapasitas media penyimpanan. Oleh karena itu penulis merasa perlu untuk mengusulkan suatu program aplikasi (2) lossy compression terhadap citra, untuk memperoleh ukuran file terkompresi yang lebih kecil dan dengan menjaga kualitas citra yang terkompresi.

Metode penelitian yang dilakukan adalah metode perancangan, yang dibagi dalam beberapa tahap, yaitu perancangan modul, perancangan flowchart dan pseudocode, perancangan STD (State Transition Diagram), dan perancangan layar.

Setelah dilakukan proses implementasi, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan teori (3) Wavelet Haar diikuti (4) vector quantization dan (5) entropy coding dengan RLE (Run Length Encoding) dengan koding EZW (Embedded Zerotree Wavelet) untuk melakukan kompresi citra, akhirnya dapat mereduksi ukuran file citra jauh lebih kecil dari ukuran aslinya dengan menjaga kualitasnya. Dapat dilihat pula bahwa semakin besar ukuran citra yang dikompresi untuk citra yang sama, akan menghasilkan persentase ukuran file terkompresi yang lebih kecil. Oleh karena itu kompresi citra dengan penerapan (6) DWT (Discrete Wavelet Transform) sangat baik digunakan, sebab dapat memisahkan koefisien detil citra dari citra aslinya.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close