People Innovation Excellence

PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI OPTIMALISASI PRODUKSI PAPER TUBE DENGAN MENGGUNAKAN METODE DYNAMIC PROGRAMMING DAN PEMODELAN PROSES PRODUKSI

Oleh :  Ryan Leonel, Ngarap Imanuel Manik, Wikaria Gazali

Tabung kertas atau biasa juga dikenal sebagai Paper Tube adalah sejenis tabung yang biasanya digunakan sebagai inti gulungan benang, kawat logam, plastic film, kertas dan lain-lain, disamping itu juga untuk pelindung tabung CRT agar tidak rusak di perjalanan. Dibandingkan dengan tabung-tabung jenis lain, tabung kertas ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain harganya yang cukup dapat bersaing dan sifatnya yang ramah lingkungan.

Pada banyak penggunaan dari Paper Tube, khususnya sebagai inti gulungan benang, kuat tekan dari Paper Tube sangat penting, karena pada saat proses penggulungan, benang yang digulung memiliki tegangan tertentu (tension) yang akan diteruskan ke inti gulungan, dalam hal ini Paper Tube. Sehingga apabila kuat tekan Paper Tube kurang tinggi, hasil gulungan tidak dapat dikeluarkan dari mesin gulung, karena Paper Tube-nya menjepit as dari mesin penggulung tersebut.

Kekuatan Paper Tube sangat bergantung dari tumpuan (overlapping) strip kertas yang digunakan, di mana pengambilan lebar strip kertas dan sudut gulungan yang digunakan pada proses produksi Paper Tube akan sangat menentukan overlapping ini.

Skripsi ini membahas suatu model perhitungan matematis untuk mengoptimalkan kekuatan Paper Tube dengan menggunakan metode dynamic programming dan pemodelan proses produksi serta mengimplementasikannya dalam sebuah program aplikasi komputer. Adapun metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode pemodelan, perancangan, implementasi dan evaluasi.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close