People Innovation Excellence

PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI OPTIMASI PENGGAMBARAN POLA MOLDING PADA MESIN PENCETAKAN PLASTIK DENGAN METODE TABU SEARCH

Oleh :  Eka Surya Widjaja, Haryono Soeparno, Wikaria Gazali

Pencetakan plastik merupakan suatu usaha yang sedang atau banyak diminati belakangan ini. Selain berguna sebagai sarana daur ulang, pabrik plastik juga dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan dikarenakan bahan baku utamanya berasal dari bahan bekas. Dalam sebuah pabrik plastik pasti terdapat mesin yang digunakan untuk mengubah bahan baku plastik menjadi benda berbahan baku plastik seperti gelas plastik, sendok plastik, dan lain-lain. Untuk mencetak sebuah benda dalam mesin pencetak dibutuhkan plat cetakan atau sering disebut Molding yang berbentuk benda yang ingin dicetak, seperti sendok, garpu dan lain-lain. Plat cetakan atau molding ini ditempatkan di suatu tempat di dalam mesin pencetak.

Dalam sebuah molding terdapat pola barang yang akan dicetak, 1 molding terdapat banyak pola. Sehingga dapat menghemat waktu yang dibutuhkan dalam mencetak barang yang banyak. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam sekali cetak diperlukan optimasi dalam penyusunan pola dalam pembuatan molding tersebut. Di dalam akan dibuat suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengoptimasi susunan pola pada molding tersebut dengan metode Tabu Search. Dengan adanya program aplikasi ini dapat mengoptimalisasi proses produksi. Sehingga biaya produksi dapat menjadi minimal.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close