People Innovation Excellence
 
Feature Image

PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI PENDETEKSIAN GERAK TANGAN MANUSIA SEBAGAI INPUT PADA KOMPUTER

Oleh :  Andra Basuki, Haryono Soeparno, Wikaria Gazali

Hands Recognizer atau pengenal tangan merupakan salah satu hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemampuan pengenalan tangan yang dahulu terasa sulit untuk dilakukan oleh suatu mesin komputer sekarang bukanlah lagi hal yang mustahil. Skripsi ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah program aplikasi Hands Recognizer yang dapat mengenali tangan (gerakan) yang dilakukan manusia dan menampilkannya kembali ke dalam bentuk angka atau bisa juga disebut dengan Motion Detection. Proses pengenalan maupun training yang dilakukan pada skripsi ini menggunakan Image Processing dan Backpropagation.

Program aplikasi yang dirancang dalam skripsi ini menggunakan bentuk-bentuk tangan berupa angka sebagai data training dan mampu mengenali kembali tangan-tangan baru yang digerakkan sesuai target yang diharapkan dengan tingkat akurasi yang tergantung pada kualitas data yang di-training dan lamanya training. Training dapat terus dilanjutkan sampai pengenalan tangan atau program aplikasi mencapai tingkat akurasi yang diinginkan.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close