People Innovation Excellence
 
Feature Image

Perancangan Program Aplikasi Penentuan Jalur Pendistribusian Barang Menggunakan Max-Min Ant System

Oleh :  Budi Adi Darma, Ngarap Imanuel Manik, Wikaria Gazali

Makalah ini menjelaskan tentang permasalahan dalam travelling salesman problem yang membahas masalah pencarian rute terpendek dalam graf untuk melewati semua tempat dan kembali lagi ke tempat awal. Tujuan skripsi ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan menentukan rute perjalanan dengan menggunakan max-min ant system agar jarak perjalanan ke semua tempat menjadi optimal. Permasalahan direpresentasikan dalam sebuah graf yang saling terhubung. Jarak perjalanan telah diketahui berdasarkan koordinat tempat. Metode skripsi ini menggunakan nilai parameter – parameter yang telah ditentukan agar mendapatkan hasil yang optimal. Hasil komputasi dengan menggunakan max-min ant system mendapatkan rute perjalanan yang terbaik dalam masalah travelling salesman problem. Dalam skripsi tidak menggunakan jalur yang sebenarnya namun hasil dari skripsi ini dapat digunakan sebagai alternatif pengambilan keputusan dalam memilih rute perjalanan yang terbaik. (BAD)


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close