People Innovation Excellence

PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI PENGENALAN TULISAN TANGAN UNTUK EKSPRESI MATEMATIKA

Oleh :  Harry Tedja Sukmana, Nilo Legowo, Wikaria Gazali

Memahami ilmu pengetahuan dalam bidang matematika elektronik bisa dikatakan tidak biasa karena memasukkan ekspresi matematika ke komputer bisa dikatakan cukup sulit. Sejak ekspresi matematika melibatkan himpunan besar dari simbol-simbol dan informasi dua dimensi, keyboard normal tidak dapat mendukung input matematika secara alami.

Handwriting Recognition atau disebut juga Pengenalan Tulisan Tangan merupakan sebuah teknologi yang dapat mengubah tulisan tangan menjadi sebuah struktur data atau teks ataupun ke dalam sebuah bahasa pemrograman (dalam bidang matematika seperti LaTex dan MathML) yang bisa secara otomatis diproses oleh komputer.

Skripsi ini akan menyajikan tentang penggunaan sistem pengenalan tulisan tangan untuk ekspresi matematika secara lebih mendalam. Dan adapun metode yang digunakan sebagai proses perancangan sistem ini yaitu dengan mendeteksi pola tulisan yang dilakukan oleh setiap user yang menggunakannya.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close