People Innovation Excellence

PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI PENGURANGAN NOISE PADA CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN METODE BERBASIS WAVELET

Oleh :  Varian Citrajaya, Haryono Soeparno, Wikaria Gazali

Semakin populernya penggunaan citra digital oleh masyarakat dunia di berbagai bidang keilmuan menuntut tingginya kualitas citra digital yang digunakan. Di lain pihak, kehadiran noise pada citra digital yang disebabkan oleh berbagai sumber menyebabkan turunnya kualitas citra digital. Untuk menangani masalah ini, perlu dilakukan perbaikan pada citra dengan mengurangi noise pada citra digital agar kualitas citra dapat diperbaiki. Transformasi wavelet dapat digunakan untuk proses perbaikan citra digital. Dengan transformasi wavelet, citra digital dapat diuraikan menjadi beberapa komponen. Selanjutnya terhadap komponen-komponen ini dilakukan operasi pengurangan noise dengan metode Context-Based Cycle Spin BayesShrink. Hasil yang didapat kemudian ditransformasi invers wavelet menjadi citra yang intensitas noise-nya telah tereduksi dengan signifikan. Citra hasil proses pengurangan noise secara relatif jauh lebih berkualitas daripada citra sebelumnya yang tercemar oleh kehadiran noise.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close