People Innovation Excellence

PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI PERENCANAAN PENAMPANG BETON BERTULANG DENGAN GRAFIK INTERAKSI FUNGSI PARABOLA

Oleh :  Yudha Prawira Mas, Djunaidy Santoso, Wikaria Gazali

Penampang beton bertulang kolom adalah yang penting dalam sebuah bangunan. Kolom merupakan penyangga untuk menahan beban yang berada di atasnya. Kolom mengalami dua gaya secara umum yaitu gaya aksial dan momen lentur. Dalam merancang kolom digunakan 2 unsur yaitu beton untuk menahan gaya tekan dan besi baja yang digunakan sebagai tulangan untuk menahan tarik.

Permasalahan yang muncul adalah dalam menghitung kekuatan kolom digunakan diagram interaksi dari perhitungan gaya aksial dan momen lentur di mana diagram tersebut mendekati kurva – kurva yang parabolis yang hitung titik pertitik yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga.

Tujuan dibuatnya skripsi ini adalah membuat program yang dapat menghitung gaya aksial dan momen lentur dan menggambar diagram interaksi beban aksial dan momen lentur dengan cepat dan tidak membutuhkan banyak waktu.

Dalam perancangan, penulis membuat program Struktur Beton Bertulang dan digunakan untuk mengevaluasi proyek Senayan Square Office Tower 2. Setelah data kolom didapat dan data tersebut dimasukkan ke dalam program, ternyata hasilnya sangat membantu konsultan pada proyek tersebut dan menemukan kolom yang tidak kuat menahan beban aksial dan momen lentur yang sudah direncanakan.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close