People Innovation Excellence

PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI SIMULASI EYE DETECTION MOTION UNTUK SMART READER DENGAN METODE RANK DEFICIENT

Oleh :  Herianto, Haryono Soeparno, Wikaria Gazali

Saat ini perkembangan teknologi komputer begitu pesat. Manusia dapat berkomunikasi dengan komputer melalui berbagai cara bahkan bagi mereka yang mempunyai keterbatasan fisik seperti cacat tangan. Terdapat sebuah ide yaitu manusia dapat menggunakan matanya sebagai pengganti tangan dalam menggunakan mouse sehingga keterbatasan itu tidak lagi menjadi suatu permasalahan. Hal inilah yang menjadi tujuan dari perancangan ini sehingga dapat membantu mereka yang cacat fisik pada tangan namun masih dapat melihat untuk menggunakan komputer.

Hasil dari penelitian ini adalah suatu program aplikasi yang diberi nama Smart Reader. Program aplikasi ini akan menggunakan algoritma Rank Deficient Method. Dengan metode ini, program akan mencari posisi mata dari pengguna yang didapat dari webcam sebagai alat input. Kemudian program akan melakukan perhitungan perbandingan antara posisi mata dengan posisi kursor pada aplikasi yang sedang digunakan oleh user dan mengatur posisi kursor sesuai perhitungan. Sehingga pengguna hanya cukup menggerakkan posisi kepalanya untuk menggerakan posisi kursor pada komputer.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close