People Innovation Excellence

PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI VERIFIKASI TANDA TANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE HIDDEN MARKOV MODEL SECARA OFF-LINE

Oleh :  Listy Indriati, Haryono Soeparno, Wikaria Gazali

Sistem verifikasi tanda tangan adalah salah satu bentuk sistem keamanan yang digunakan untuk menentukan hak seseorang dalam mengakses informasi atau sumber daya tertentu. Tanda tangan dianggap sebagai alat identifikasi yang baik, dimana tanda tangan seseorang tidak dapat dicuri maupun dipinjamkan kepada orang lain. Penggunaan tanda tangan ini sangat luas misalnya dalam tanda pengenal, pada perbankan, surat-surat ataupun dokumen penting, tetapi penggunaan tanda tangan ini juga mempunyai tantangan, yaitu dengan terjadinya banyak pemalsuan tanda tangan.

Tujuan Skripsi ini adalah merancang suatu program aplikasi yang dapat menentukan tanda tangan seseorang dapat diterima atau ditolak, agar dapat menentukan apakah orang tersebut berhak atas sumber daya tertentu dengan menggunakan metode Hidden Markov Model. Pengujian dilakukan dengan mengumpulkan sampel tanda tangan dari beberapa pengguna. Evaluasi dilakukan untuk mengukur kinerja sistem.

Pada sistem ini dapat diketahui bahwa metode hidden markov model dapat digunakan untuk verifikasi tanda tangan dengan tingkat akurasi 87,77% pada batas toleransi 0.075


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close