People Innovation Excellence

PERANCANGAN PROGRAM PEMAHAMAN DIGITAL SIGNATURE DENGAN METODE ONG-SCHNORR SHAMIR

Oleh :  Filemon Sandy Santoso, Don Tasman, Siswa Trihadi

Kriptografi adalah ilmu untuk mempelajari penulisan secara rahasia dengan tujuan bahwa komunikasi dan data dapat dikodekan (encode / encrypt) dan didekodekan (decode / decrypt) kembali untuk mencegah pihak-pihak lain yang ingin mengetahui isinya, dengan menggunakan kode-kode dan aturan-aturan tertentu dan metode lainnya sehingga hanya pihak yang berhak saja yang dapat mengetahui isi pesan sebenarnya.

Digital signature adalah suatu mekanisme otentikasi yang memungkinkan pembuat pesan menambahkan sebuah kode yang bertindak sebagai tanda tangannya. Skema yang digunakan adalah skema Ong-Schnorr Shamir.

Ong-Schnorr Shamir memiliki dua buah skema, yaitu skema tanda tangan digital dan skema saluran tersembunyi (subliminal channel). Skema digital signature akan membentuk digital signature dari suatu pesan. Proses verifikasi dilakukan terhadap pesan dan digital signature untuk menguji keaslian dan keutuhan pesan. Bila verifikasi sukses, maka pesan masih asli dan utuh. Skema subliminal channel hampir sama dengan skema digital signature. Perbedaannya adalah skema subliminal channel memiliki proses enkripsi dan dekripsi yang menyamarkan pesan asli.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close