People Innovation Excellence

PERANCANGAN PROGRAM SIMULASI KUBUS RUBIK MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIK

Oleh :  Irti Sharow, Ngarap Imanuel Manik, Wikaria Gazali

Kubus rubik adalah sebuah permainan teka-teki mekanik 3D yang merupakan salah satu sarana hiburan untuk mengasah otak dan strategi.Kubus rubik ini terdiri atas 26 bagian kecil yang berputar pada satu poros dan setiap sisi dari kubus rubik memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Menyelesaikan kubus rubik bukanlah suatu permasalahan yang mudah bagi orang awam karena sebagian orang menyerah ketika tidak menemukan penyelesaian kubus rubik. Salah satu cara untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan merancang program simulasi kubus rubik yang dapat digunakan untuk bermain sekaligus berguna untuk menghasilkan langkah-langkah penyelesaian kubus rubik. Program ini akan dirancang sedemikian rupa agar mudah untuk digunakan. Penggunakan algoritma genetik pada program simulasi ini berdasarkan pada kehandalannya dalam pencarian solusi optimal dengan menerapkan mekanisme evolusi genetika makhluk hidup.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close