People Innovation Excellence

ANALISIS DAN PERANCANGAN MANAJEMEN BANDWIDTH MENGGUNAKAN HTB (HIERARCHICAL TOKEN BUCKET) PADA PERUM BULOG

ANALISIS DAN PERANCANGAN MANAJEMEN BANDWIDTH MENGGUNAKAN HTB (HIERARCHICAL TOKEN BUCKET) PADA PERUM BULOG

Oleh :  Lazuardi Nurfaiz Adli, Emiraldy Brama Alecxa, Andy Afrizal dan Jonathan Lukas

Tujuan penelitian ialah mengetahui bagaimana cara kerja manajemen bandwidth apabila menggunakan HTB (Hierarchical Token Bucket) yang merupakan teknik QoS yang mampu memaksimalkan bandwidth  yang tidak terpakai, sehingga kualitas pelayanan menjadi lebih meningkat., serta kekurangan dan kelebihan yang dimiliki HTB. Metode penelitian yang digunakan, yang pertama melalui analisis pada jaringan yang sudah ada, serta kebutuhan yang diminta oleh perusahaan. Kedua, menggunakan studi kepustakaan, berdasarkan analisa yang dihasilkan pada tahapan pertama, solusi apa yang dikira sesuai. Ketiga, merancang konfigurasi untuk manajemen bandwidth baru sesuai analisa. Hasil yang dicapSai, impelementasi manajemen bandwidth HTB telah berhasil dilakukan, dan serangkaian uji coba telah dilakukan untuk membandingkan performa jaringan sebelum dan setelah dilakukan impelementasi. Simpulan, manajemen bandwidth HTB cocok diimplementasikan pada Perum BULOG, dikarenakan HTB membuat limitasi bandwidth terhadap masing masing user serta memiliki fitur burst yang dapat memanfaatkan bandwidth yang tidak terpakai,tetapi tetap sesuai dengan yang dibatasi pada saat awal konfigursi, sehingga tidak akan ada saling rebut merebut bandwidth antar user serta dapat meningkatkan kinerja karyawan atau user yang menggunakan bandwidth yang berbeda-beda dengan kebutuhan masing-masing.Sehingga menciptakan kondisi kerja yang efektif dan efisien dalam hal pemakaian bandwidth.

                                                            

Kata Kunci : Manajemen bandwidth, HTB, Perum BULOG


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close