People Innovation Excellence
 
Feature Image

PENGEMBANGAN APLIKASI “WE COMMUNICATE” DENGAN FITUR CHATTING DAN SCRIBBLING MENGGUNAKAN TEKNOLOGI NODE.JS DAN WEBSOCKET SOCKET.IO

PENGEMBANGAN APLIKASI “WE COMMUNICATE” DENGAN FITUR CHATTING DAN SCRIBBLING MENGGUNAKAN TEKNOLOGI NODE.JS DAN WEBSOCKET SOCKET.IO

Oleh :  Wilson Christianto, Standy Nugraha Adhiputra, Karlina dan Bayu Kanigoro

Tujuan penelitian ini ialah merancang sebuah aplikasi untuk membantu user dalam berkomunikasi baik antar individu ataupun dalam kelompok melalui aplikasi berbasis web agar dapat digunakan sebagai sarana dalam kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan aplikasi ialah (1) metode analisis data dimana dalam implementasiannya menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online melalui sosial media kemudian mengambil tiga respon teratas di tiap kategori dan juga studi literatur untuk mengumpulkan data pendukung dan data penelitian terdahulu yang diperoleh melalui jurnal, e-book dan website, (2) metode perancangan yang digunakan adalah metode Extreme Programming (XP). Hasil yang dicapai dalam perancangan aplikasi ini adalah 94% dari 100% responden yang berjumlah 50 orang merasakan bahwa fitur-fitur yang ada pada aplikasi We Communicate cukup membantu dalam kegiatan belajar berkelompok. Simpulan yang didapat adalah walaupun fitur yang disediakan pada apliaksi We Communicate sudah cukup membantu namun bagi beberapa orang aplikasi We Communicate masih kekurangan beberapa fitur tambahan.

 Kata Kunci : Node.JS, WebSocket, Socket.IO


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close