People Innovation Excellence

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM JARINGAN INTERNET SERTA WIRELESS HOTSPOT LAB KOMPUTER SMAN 2 CIBINONG BERBASIS MIKROTIK

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM JARINGAN INTERNET SERTA WIRELESS HOTSPOT LAB KOMPUTER SMAN 2 CIBINONG BERBASIS MIKROTIK

oleh : Prisanto Dimas Jayaputra, Erlangga Adhi Purwitosakti, Risang Danarjati, dan Bayu Kanigoro

Makalah ini memiliki tujuan untuk memberikan solusi permasalahan pada SMAN 2 Cibinong yaitu belum terdapat akses internet pada ruang lab komputer yang terdiri dari 37 PC untuk pencarian referensi tambahan saat pembelajaran TIK serta persiapan awal untuk uji coba Ujian Nasional secara online, belum ada wireless hotspot untuk memfasilitasi penggunaan device tambahan pada area yang mencakup ruang lab komputer dan ruang belajar, serta diperlukan pengaturan bandwidth dan pemblokiran website yang tidak berkaitan dengan pembelajaran. Skripsi ini diharapkan dapat mendukung pembelajaran TIK, memberikan prasarana persiapan awal untuk uji coba Ujian Nasional secara online, serta memberikan fasilitas untuk mengakses internet pada 648 orang murid kelas X dan XI serta 252 orang murid kelas XII yang menggunakan device tambahan di area lab komputer dan ruang belajar. Metode yang digunakan adalah analisis yaitu wawancara, studi lapangan, dan studi literatur untuk mengumpulkan data serta informasi mengenai permasalahan yang ada. Kemudian metode desain, yaitu perancangan topologi, perancangan wireless hotspot, pembuatan hotspot login, pembuatan user login, dan pemblokiran website yang tidak berkaitan dengan pembelajaran. Selanjutnya dilakukan implementasi dan pengujian dari hasil rancangan tersebut. Hasil dari skripsi ini yaitu ruang lab komputer dan ruang belajar SMAN 2 Cibinong memiliki sistem jaringan internet serta wireless hotspot. Simpulan dari skripsi ini yaitu dengan adanya sistem jaringan internet serta wireless hotspot dapat mengatasi permasalahan yang ada.

Kata Kunci: Mikrotik, Sistem jaringan internet, Wireless hotspot.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close