People Innovation Excellence

ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI MANAJEMEN BANDWIDTH DENGAN ALGORITMA HTB (HIERARCHICAL TOKEN BUCKET) STUDI KASUS PT. ARSEN

ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI MANAJEMEN BANDWIDTH DENGAN ALGORITMA HTB (HIERARCHICAL TOKEN BUCKET) STUDI KASUS PT. ARSEN

Oleh : Salvian Kumara, Dedi Satiyadi, Caesario Putra Prastya dan Rudi Tjiptadi

Bandwidth adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data-data yang di transfer pada suatu jaringan internet. Bandwidth merupakan unsur vital dalam sebuah jaringan komputer. Namun seringkali pembagian bandwidth pada suatu jaringan komputer tidak terbagi secara efektif, membuat para pengguna akan mengalami kesulitan dalam mengakses internet. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk menjamin kelancaran internet dan maksimalnya penggunaan bandwidth dalam dengan menerapkan perbedaan pembagian bandwidth antar client / manajemen bandwidth, karena kebutuhan setiap client tidaklah sama. Absolute bandwidth management merupakan aplikasi management bandwidth berbasis web yang dapat melakukan simulasi dan evaluasi terhadap kinerja aplikasi manajemen bandwidth berdasarkanIP address, subnet, dan nomor port. Absolute bandwidth dibuat dengan tujuan agar aplikasi manajemen bandwidth dapat digunakan dengan mudah oleh user dengan user interface yang sederhana, sehingga dapat mengelola suatu jaringan dengan maksimal. Metodologi yang digunakan dalam penyusunan aplikasi manajemen bandwidth adalah dengan menggunakan metode NDLC atau Network Developement Life Cycle. Metode tersebut terbagi atas tahapan-tahapan yaitu Analisis, Desain, Simulasi atau prototyping, implementasi, monitoring,dan management. Absolute bandwidthdirancangberbasis web yang berguna untuk mempermudah dalam mengakses dan melakukan pengaturan bandwidth. Aplikasi ini manggunakan PC router yang digunakan sebagai server yang dirancang untuk berkerja sebagai bridge sehingga jika ingin diimplementasi tidak akan mengganggu topologi jaringan yang sudah ada.

Kata Kunci : Bandwidth, HTB, Manajemen Bandwidth, Bridge.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close