People Innovation Excellence

ANALISIS DAN PERANCANGAN JARINGAN OSPF DAN VLAN PADA CV DWI NAGA MAS

ANALISIS DAN PERANCANGAN JARINGAN OSPF DAN VLAN PADA CV DWI NAGA MAS

Oleh :  Alvin Podianto, Harly Kristanto, Hendy William dan Dahlan Martadiredja

Routing dalam arti sempit merupakan proses pengiriman data dari suatu network ke network lainnya. Tanpa adanya routing yang baik dan efisien, maka akan sulit pula untuk mendapatkan proses pengiriman data yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan jaringan protokol routing OSPF (Open Shortest Path First) dan VLAN pada CV. Dwi Naga Mas sehingga proses bisnis dapat berjalan dengan lebih baik. Dalam proses penyelesaian karya ini, penulis menerapkan metode penelitian dengan proses-proses : survei, analisis, perancangan, simulasi, uji coba, implementasi, dan evaluasi. Hasil Penelitian adalah rancangan topologi jaringan baru untuk CV Dwi Naga Mas yang mendukung proses bisnis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan protokol routing OSPF (Open Shortest Path First) dan VLAN pada CV. Dwi Naga Mas, perusahaan memperoleh manfaat yang berupa adanya segmentasi dalam jaringan dan kemudahan dalam menambah perangkat baru jika melakukan ekspansi jaringan di masa yang akan datang.

Kata Kunci: protokol routing, OSPF, VLAN


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close