People Innovation Excellence

ANALISIS DAN PERANCANGAN TUTORIAL BERMAIN GITAR “GUITATU”

ANALISIS DAN PERANCANGAN TUTORIAL BERMAIN GITAR “GUITATU”

Oleh : Robert, Yara Kanigara, dan Gintoro

ABSTRAK

Alat musik gitar merupakan salah satu alat musik sederhana yang sudah ada dari zaman dulu. Cara pembelajaran alat musik ini beragam, mulai dari guru les, otodidak, buku tutorial, hingga menggunakan aplikasi. Penelitian ini dibuat untuk memberikan alternatif pembelajaran alat musik gitar yang lebih menarik melalui pembuatan game. Dikarenakan pengguna smartphone sebanyak 39% untuk bermain game, penelitian akan dibuat di dalam media smartphone. Metode yang digunakan adalah Waterfall, karena ukuran proyek yang tidak terlalu besar dan mudah dimengerti. Analisis dilakukan dengan analisa proses bisnis dan kuesioner, lalu dilanjutkan dengan perancangan fitur game, perancangan diagram alir, use case diagram, class diagram dan perancangan storyboard. Dilanjutkan dengan implementasi menggunakan game engine Unity 3D. Kemudian evaluasi aplikasi dilakukan untuk mengevaluasi hasil dari penelitian ini, yaitu aplikasi tutorial “Guitatu”. Guitatu adalah aplikasi permainan berbasis smartphone dengan Sistem Operasi Android yang bertemakan musik. Pemain diharapkan dapat mempelajari alat musik gitar dan mengatasi rasa bosan terhadap pelatihan gitar seperti pada umumnya.

Kata Kunci: Game, Guitatu, Android, Unity3D,Smartphone


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close