People Innovation Excellence

MANAJEMEN BANDWIDTH DENGAN METODE HIERARCHICAL TOKEN BUCKET MENGGUNAKAN ROUTER MIKROTIK

MANAJEMEN BANDWIDTH DENGAN METODE HIERARCHICAL TOKEN BUCKET MENGGUNAKAN ROUTER MIKROTIK

Oleh :  Ricky Poltak Sihombing, Rizki Fadhillah dan Rudi Tjiptadi

Tujuan penelitian adalah menganalisis dan merancang manajemen BANDWIDTH menggunakan ROUTER berbasis MIKROTIK pada kantor pusat PT.CTV INDONESIA sehingga pertukaran data antar jaringan kantor dapat berjalan dengan cepat dan aman, Dengan harapan dapat mempermudah kerja karyawan sehingga dapat meningkatkan kualitas perusahaan. Metode penelitian yang digunakan meliputi metode analisis (survei terhadap sistem yang sedang berjalan, observasi pada lingkungan perusahaan dalam ruang lingkup jaringan, wawancara dengan staff perusahaan dan studi literatur) dan metode perancangan topologi jaringan, dimana manajemen BANDWIDTH menggunakan metode limitasi bertingkat atau Hierarchical Token Bucket (HTB) dan Per Connection Queue (PCQ), peralatan jaringan yang akan digunakan dan konfigurasi pada setiap peralatan jaringan. Hasil penelitian adalah implementasi manajemen BANDWIDTH dan monitoring BANDWIDTH berbasis MIKROTIK yang dapat meningkatkan kinerja jaringan perusahaan serta kehandalan jaringan kantor pusat PT.CTV INDONESIA. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan digunakan manajemen BANDWIDTH dan monitoring pada kantor pusat PT. CTV INDONESIA, maka proses pertukaran data dan penggunaan BANDWIDTH yang dimiliki jaringan perusahaan menjadi lebih efisien.

Kata kunci: bandwidth, router, Mikrotik, HTB.

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close