People Innovation Excellence

PERANCANGAN APLIKASI “EDUCOMM” BERBASIS ANDROID PADA TAMAN KANAK-KANAK KIDEA

PERANCANGAN APLIKASI “EDUCOMM” BERBASIS ANDROID PADA TAMAN KANAK-KANAK KIDEA

Oleh :  David Halim Alexandry, Ryan Alberic dan Rudi Tjiptadi

Tuntutan pekerjaan pada jaman sekarang sangat menyita waktu, sehingga orang tua tidak sempat untuk memperhatikan perkembangan anak-anak mereka. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan komunikasi, orang tua dapat dilibatkan secara tidak langsung untuk memantau perkembangan anak di sekolah dengan mengunakan website dan aplikasi smartphone berbasis android. EduComm menyediakan jembatan untuk guru agar dapat berkomunikasi dengan orang tua. Metode pengembangan aplikasi ini adalah extreme programing yang berfokus pada coding pada siklus pengembangan. Web admin pada aplikasi ini mengunakan PHP, dan MySQL untuk database dan mengunakan XAMPP untuk penghubung antara web dan database. Pengembangan mobile-apps berbasis android pada smartphone mengunakan bahasa JAVA. Aplikasi ini menyediakan fitur pesan digital yang dapat mengirim pesan langsung ke orang tua dan sebaliknya, juga dapat mengirimkan pengumuman dan communication book digital sehingga meniadakan pengumuman dan communication book konvensional. Aplikasi ini mempunyai 2 bagian yaitu web admin dan mobile-apps. Web admin berguna untuk memasukan data guru, kelas, murid, orang tua murid, mengirim pengumuman, dan mengirim gambar ke smartphone orang tua. Mobile-apps pada smartphone orang tua memungkinkan orang tua untuk melihat gambar dan pengumuman yang dikirim oleh guru, orang tua juga dapat memberikan persetujuan dari aplikasi ini dengan fitur digital signature. Perancangan ini telah disimulasikan dan memberikan hasil yang memenuhi persyaratan dari pihak user.

 Kata kunci : Android, Web, Edukasi


 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close