People Innovation Excellence

PERANCANGAN JARINGAN MENGGUNAKAN MODEL HIERARKI PADA PT. XYZ

PERANCANGAN JARINGAN MENGGUNAKAN MODEL HIERARKI PADA PT. XYZ

Oleh :  Hendry Liem, Andy Novi Suhanto, Marcos Putra dan Tatang Gunar Setiadji

Sistem jaringan pada PT. XYZ rentan mengalami gangguan seperti hilangnya konektivitas jaringan baik sebagian maupun keseluruhan jaringan dan sulit melakukan pemeliharaan terhadap perangkat jaringannya. Untuk itu telah dibuat sistem jaringan baru menggunakan model hierarki, Hot Standby Router Protocol (HSRP), Open Shortest Path First (OSPF), Rapid Spanning Tree Protocol (RSTP), Virtual Local Area Network (VLAN), serta penerapan multilayer switch yang mana model hierarki dipergunakan untuk memberikan skalabilitas yang baik. HSRP berfungsi sebagai penyedia redundansi pada gateway, OSPF berfungsi sebagai penyedia redudansi pada layer 3, RSTP berfungsi sebagai penyedia redudansi pada layer 2. VLAN digunakan untuk mengefisiensikan jaringan dan penerapan multilayer switch yang bertujuan untuk memberikan spesifikasi sistem jaringan yang lebih baik. Sistem ini dibuat melalui metode survei lapangan, studi pustaka, perancangan, uji coba, dan evaluasi sistem. Untuk mengetahui sistem dapat bekerja dengan baik, telah dilakukan uji coba secara simulasi dimana hasilnya menunjukkan bahwa sistem sudah bekerja dengan baik sehingga sistem ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan jaringan yang terdapat di PT. XYZ.

 Kata Kunci : Model hierarki, multilayer switch, redudansi

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close