People Innovation Excellence

SIMULASI RANCANGAN JARINGAN BARU PADA PT CYBERINDO ADITAMA CABANG MEDAN BERBASIS REDUNDANCY DEVICE, LINK AGGREGATION, DAN OSPF

SIMULASI RANCANGAN JARINGAN BARU PADA PT CYBERINDO ADITAMA CABANG MEDAN BERBASIS REDUNDANCY DEVICE, LINK AGGREGATION, DAN OSPF

Oleh : Handy, David Harmiko, Robby Anugrah Ramadhan, dan Rudi Tjiptadi

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kelemahan jaringan di salah satu cabang dari PT. Cyberindo Aditama, lalu merancang jaringan baru untuk di cabang Medan. Beberapa kelemahan yang ada di salah satu cabang perusahaan adalah hanya ada satu device sebagai pusat pengiriman di area core layer yang membuat tidak adanya backup-an untuk kelangsungan pengiriman data dan tidak adanya sistem link aggregation untuk meningkatkan kapasitas bandwidth sehingga meningkatkan risiko bottleneck dari user menuju ke koneksi upstream, serta penggunaan metode load balance pada routing protocol OSPF yang membuat inkonsistensi pengiriman jalur packet data. Mengatasi masalah tersebut, dilakukan dengan cara merancang jaringan baru dengan penghapusan beberapa device lama dan penambahan device baru, penggunaan teknologi EtherChannel di jaringan internal cabang, dan pengaturan jalur primary pada routing protocol OSPF. Metode penelitian dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi pada sistem jaringan di salah satu cabang perusahaan untuk mendapatkan solusi berupa rancangan jaringan baru untuk cabang Medan. Rancangan jaringan baru berupa simulasi jaringan yang diharapkan dapat mengatasi masalah pada perusahaan. Hasil yang dicapai untuk simulasi jaringan baru adalah keberhasilan uji koneksi antar device, koneksi access layer ke koneksi upstream, dan penentuan jalur primary pada routing protocol OSPF, serta metode link aggregation berjalan dengan lancar. Dengan demikian kelangsungan pengiriman data di jaringan internal perusahaan berjalan dengan efisien.

Kata Kunci : Redundancy device, link aggregation, OSPF.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close