People Innovation Excellence

ANALISA DAN PERANCANGAN MANAJEMEN BANDWIDTH PADA JARINGAN LEMBAGA PENGAJARAN LITTLE ELLO

ANALISA DAN PERANCANGAN MANAJEMEN BANDWIDTH PADA JARINGAN LEMBAGA PENGAJARAN LITTLE ELLO

Oleh :  Iqbal Arifien Nursa, Hardian, Albert Sulistyo dan Fauzie Dahmir

Tujuan penelitian ini ialah memecahkan masalah manajemen bandwidth pada lembaga pengajaran Little Ello. Metode penelitian dilakukan dengan metode analisa dan metode perancangan. Metode analisa yaitu melakukan analisa kondisi dan masalah yang terjadi lalu dilakukan usulan pemecahan masalah. Metode berikutnya dilakukan perancangan router boardmikrotik untuk menyelesaikan masalah manajemen bandwidth yang terjadi. Setelah perancangan selesai, dilakukan simulasi rancangan untuk mengetahui apakah hasil rancangan manajemen bandwidth dapat berjalan dengan baik atau tidak. Hasil yang dicapai pembagian jumlah bandwidth yang sesuai dengan kebutuhan tiap usernya, otentikasi user untuk dapat mengakses internet, dan pemblokiran website – website tertentu yang tidak diperlukan dalam kegiatan belajar atau kerja. Kesimpulan yang didapat setelah melakukan evaluasi uji coba dapat disimpulkan bahwa manajemen bandwidth sudah berjalan dengan baik bisa dilihat dari hasil uji coba yang telah dilakukan. Setiap user telah mendapatkan alokasi bandwidth yang berbeda – beda sesuai dengan kebutuhan sehingga mampu memaksimalkan pemakaian bandwidth secara merata dan membuat bandwidth stabil, ototentifikasi user juga sudah berjalan untuk bisa akses internet serta pemblokiran website telah berhasil.

Kata Kunci : bandwidth, manajemen bandwidth, mikrotik.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close