People Innovation Excellence
 
Feature Image

ANALISIS DAN PERANCANGAN FILE SERVER MENGGUNAKANSAMBABERBASIS LDAP PADA PT MOBI JAYAPERSADA

ANALISIS DAN PERANCANGAN FILE SERVER MENGGUNAKANSAMBABERBASIS LDAP PADA PT MOBI JAYAPERSADA

Oleh :  Arinal Kurnia Sahid, Sufanus Pratama dan Jonathan Lukas

Tujuan penulis melakukan penelitian di Kantor PT Mobi Jaya Persada, agar mengetahui cara kerja dan kinerja perusahaan secara detail untuk menghasilkan metode berbagi data antara kantor pusat dan kantor cabang supaya lebih efektif dan efisien bagi kantor. Dengan penelitian ini dapat diketahui masalah pada PT Mobi Jaya Persada yaitu tidak adanya pusat pengelolaan data secara terpusat untuk saling berbagi data antara kantor pusat dan kantor cabang. Untuk mengatasi hal tersebut, maka disarankan untuk memakai file server menggunakan Samba berbasis LDAP. Metode penelitian yang digunakan meliputi metode analisis (survei terhadap sistem yang sedang berjalan, kuisoner dan wawancara dengan pegawai serta pejabat yang berwenang, studi lapangan, dan studi literatur) dan metode perancangan topologi jaringan baru serta konfigurasi pada setiap peralatan jaringan. Hasil penelitian adalah sebuah perancangan jaringan dengan File Server berbasis Samba menggunakan LDAP yang dapat mempermudah pegawai berbagi data antara kantor pusat dan kantor cabang sehingga dapat meningkatkan kinerja pegawai PT Mobi Jaya Persada. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan diterapkannya File Server menggunakan Samba berbasis LDAP, maka proses berbagi data didalam jaringan kantor PT Mobi Jaya Persada lebih baik serta aman.

 Kata kunci: File Server, Samba, LDAP.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close