People Innovation Excellence
 
Feature Image

APLIKASI PEMBELAJARAN AKSARA BAHASA MANDARIN MENGGUNAKAN NODE JS DENGAN FRAMEWORK EXPRESS

APLIKASI PEMBELAJARAN AKSARA BAHASA MANDARIN MENGGUNAKAN NODE JS DENGAN FRAMEWORK EXPRESS

Oleh :  Erick Kurniawan, Leo Andika, Jean Karunadewi Wahab, Dennise Adrianto

Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengembangan dalam terknologi canvas pada HTML5 serta menggabungkannya dengan teknologi Node.JS untuk menghasilkan aplikasi yang dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari cara menulis aksara bahasa Mandarin. Metode penelitian dilakukan dengan studi literatur, analisa kebutuhan pengguna, yang dilanjutkan dengan perancangan dan implementasi. Analisa kebutuhan pengguna dilakukan dengan melakukan pretest pada awal penelitian dengan menggunakan kuesioner dan melakukan wawancara. Perancangan dibagi dalam dua tahap yaitu perancangan aplikasi dengan menggunakan use case diagram, class diagram, activity diagram, dan sequence diagram yang kemudian dilanjutkan dengan perancangan fitur-fitur aplikasi dengan menggunakan Node.JS dan HTML5. Implementasi dilakukan dengan menggunakan sistem berbasis web untuk kemudian dievaluasi dengan melakukan posttest pada akhir penelitian menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah memberikan alternatif, membantu peserta didik, serta membantu proses belajar mengajar mengenai aksara bahasa Mandarin. Simpulan yang didapatkan adalah aplikasi ini dapat membantu para penggunanya dalam mempelajari langkah-langkah dalam menuliskan aksara bahasa Mandarin dengan benar serta memotivasi masyarakat umum untuk mempelajari aksara bahasa Mandarin.

 Kata kunci: aplikasi pembelajaran, aksara bahasa Mandarin, Node.JS, HTML5, web


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close