People Innovation Excellence

PENGEMBANGAN APLIKASI REKONSILIASI YANGN TEROTOMATISASI DI BANK ABC DENGAN STUDI KASUS JARINGAN PRIMA

PENGEMBANGAN APLIKASI REKONSILIASI YANGN TEROTOMATISASI DI BANK ABC DENGAN STUDI KASUS JARINGAN PRIMA

Oleh :  Marcello Dwianto, Denny Tenggino, Rini Wongso

Tujuan dari pengembangan aplikasi rekonsiliasi adalah untuk mengotomatisasi system pengerjaan rekonsiliasi yang masih dikerjakan secara manual di Bank ABC. Metode perancangan yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah Extreme Programming yang mengutamakan agility dan keikutsertaan user. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung terhadap anggota divisi rekonsiliasi yang menjadi user dalam aplikasi. Dengan dikembangkannya aplikasi rekonsiliasi yang berjalan otomatis maka kinerja dari divisi rekonsiliasi menjadi meningkat dan beban kerja user menjadi berkurang dengan tidak perlu dilakukannya rekonsiliasi secara manual. Secara otomatis human error dapat diminimalisasi karena pengerjaan rekonsiliasi sudah dilakukan oleh system. Aplikasi yang dikembangkan juga memberikan fleksibilitas dalam hal konfigurasi dengan melalui XML dan juga kemudahan apabila adanya implementasi jaringan baru ataupun biller baru tanpa melakukan perombakan coding secara besar-besaran. Aplikasi dapat berjalan otomatis dengan trigger berupa waktu sesuai yang telah ditentukan.

Kata kunci : pengembangan, rekonsiliasi, otomatis, fleksible, XML


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close