People Innovation Excellence

PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM SEKOLAH TELUSURI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN BOOTSTRAP DAN LARAVEL

PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM SEKOLAH TELUSURI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN BOOTSTRAP DAN LARAVEL

Oleh :  Antonius dan Rini Wongso

Dalam usaha PT Kibar Kreasi yang menjadi partner kerja sama dari PT Kreavi Indonesia untuk meningkatkan industri pariwisata melalui gerakan TelusuRI, dibentuklah sebuah learning management system yang dinamakan Sekolah TelusuRI. Sekolah TelusuRI ini sendiri bertujuan untuk menghubungkan antara talenta-talenta yang dapat membuat sebuah konten blog untuk TelusuRI sebagai murid dengan mentor-mentor yang kompeten untuk memberikan ilmu dalam pembuatan konten blog tersebut.

Adapun penelitian dan pengembangan learning management system ini berdasarkan kebutuhan dari pihak Sekolah TelusuRI sendiri, dimana kebutuhan Sekolah Telusuri ini dapat kita ketahui melalui wawancara dengan penanggung jawab dari gerakan Sekolah Telusuri ini sendiri. Berdasarkan wawancara yang dilakukan, Sekolah TelusuRI memerlukan sebuah aplikasi berbasis web yang dapat menghubungkan murid dapat berinteraksi dengan mentor secara langsung tanpa terbatas ruang dan waktu.

Perancangan learning management system Sekolah TelusuRI menggunakan UML dan analisis 8 aturan emas sehingga aplikasi yang dibangun dapat membuat pengguna nyaman dan memenuhi kebutuhan dari Sekolah Telusuri. Untuk pengembangan learning management system ini sendiri menggunakan framework Bootstrap dan Laravel yang dapat membangun sebuah aplikasi berbasis web yang dapat menunjang setiap kinerja yang diperlukan oleh Sekolah TelusuRI.

Kata kunci : Learning Management System (LMS), pembelajaran, Sekolah TelusuRI, pembuatan konten.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close