People Innovation Excellence
 
Feature Image

PERANCANGAN APLIKASI PEMINJAMAN BUKU ONLINE BERBASIS ANDROID PADA PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA

PERANCANGAN APLIKASI PEMINJAMAN BUKU ONLINE BERBASIS ANDROID PADA PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA

Oleh : Taufik Nur Fauzi, Bagus Riyadi, Pratiwi Dwisepthya dan Rudi Tjiptadi

Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah kebutuhan user dalam proses peminjaman buku di perpustakaan. Konsep aplikasi yang dibuat adalah user dapat booking buku yang tersedia di sebuah perpustakaan. Secara garis besar, user yang ingin meminjam buku harus booking terlebih dahulu. Pada saat aplikasi sudah menandai bahwa buku sudah di booking, pihak dari perpustakaan akan menyediakan buku tersebut, sehingga user tidak perlu bersusah payah lagi untuk mencari buku yang diinginkan. Bila buku yang sudah di booking, namun user tidak mengambilnya dalam batas waktu yang ditentukan, maka buku tersebut dinyatakan tidak bisa dipinjam. Metodologi yang digunakan meliputi waterfall dan studi pustaka yaitu penggunaan buku-buku, jurnal dan teori-teori yang mendukung penelitian. Untuk mengetahui kebutuhan user akan aplikasi android ini, dilakukan penyebaran kuesioner. Penyebaran ini dilakukan dengan cara menargetkan ke kalangan user yang menggunakan fasilitas perpustakaan agar diperoleh data yang valid. Hasil penelitian ini adalah untuk mempermudah user dalam proses pencarian dan peminjaman buku melalui aplikasi yang sudah terpasang terlebih dahulu. Penelitian ini didukung oleh data kuesioner yang menyatakan bahwa user membutuhkan aplikasi untuk booking.

Kata kunci : aplikasi perpustakaan, booking, Android, online.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close