People Innovation Excellence

APLIKASI FORECASTING HARGA PRODUK PADA E-MARKETPLACE MENGGUNAKAN ANALISIS REGRESI LINEAR BERGANDA (STUDI KASUS : PENJUALAN MOBIL)

APLIKASI FORECASTING HARGA PRODUK PADA E-MARKETPLACE MENGGUNAKAN ANALISIS REGRESI LINEAR BERGANDA (STUDI KASUS : PENJUALAN MOBIL)

Oleh : Kevin Gian Saputra, Mychael Christian Go, Adrian Hartanto, Franky Hadinata Marpaung

Penggunaan website e-commerce sebagai sarana kegiatan jual beli secara online telah umum dilakukan. Bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), pemanfaatan e-marketplace merupakan solusi alternatif di tengah keterbatasan dalam pembuatan sistem e-commerce. Aplikasi “Oversale” adalah sebuah aplikasi e-marketplace mobil yang dapat membantu user dalam meningkatkan margin profit yang didapat melalui strategi penetapan harga yang sesuai dengan kondisi produk dan kondisi pasar, serta memberikan prediksi perubahan harga produk dari tahun ke tahun. Pengembangan aplikasi ini menggunakan 2 (dua) metode, yakni metode analisis dan metode pengembangan aplikasi. Metode analisis yang dilakukan mencakup studi literatur, pengumpulan user requirement melalui kuesioner dan analisis aplikasi sejenis. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah metode Extreme Programming. Hasil dari pengembangan aplikasi ini adalah aplikasi yang dapat memberikan prediksi perubahan harga mobil hingga 5 (lima) tahun ke depan dan memberikan strategi penetapan harga berdasarkan kondisi produk dan kondisi pasar. Simpulan yang dapat diambil adalah aplikasi “Oversale” merupakan aplikasi e-marketplace yang dapat memprediksi secara matematis perubahan harga mobil dan memberikan rekomendasi saran dalam penentuan harga berdasarkan kondisi mobil dan kondisi pasar.

Kata Kunci: aplikasi, forecasting, e-marketplace, regresi, linear


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close