People Innovation Excellence
 
Feature Image

PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS MOBILE PADA PLATFORM ANDROID PENGGANTI KARCIS PARKIR MENGGUNAKAN TEKNOLOGI QR CODE

PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS MOBILE PADA PLATFORM ANDROID PENGGANTI KARCIS PARKIR MENGGUNAKAN TEKNOLOGI QR CODE

Oleh : Yoas Febrianus Susantio, Jaka Hartanto

Tujuan penelitian adalah merancang dan mengembangkan sistem dan aplikasi parkir pada platform Android yang dapat menggantikan karcis parkir serta mengurangi permasalahan parkir yang ada. Sistem aplikasi ini dapat memberikan lokasi parkir kepada pengguna jasa parkir, sehingga memudahkan pengguna parkir dalam menemukan tempat kosong untuk memarkirkan kendaraan. Metode penelitian yang digunakan meliputi metode pengumpulan data (observasi terhadap sistem yang sedang berjalan, kuesioner dan wawancara), metode analisis (studi pustaka dan analisis sistem sejenis), dan metode perancangan (extreme programming, menu, dan user interface). Hasil penelitian menunjukkan implementasi aplikasi C-Parking pada platform Android menggunakan QR Code dan koneksi internet yang dapat membantu mempermudah pengguna jasa parkir dalam menyelesaikan masalah parkir. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan digunakannya aplikasi ini, maka proses mencari parkir semakin mudah, menghilangkan resiko kehilangan karcis parkir, serta mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mencari tempat parkir kosong.

Kata kunci: C-Parking, Android, QR Code


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close