People Innovation Excellence

PENGEMBANGAN APLIKASI TRAVELMANAGEMENTSYSTEM BERBASIS JAVA UNTUK DIVISI FINANCE DAN GENERAL SERVICES PADA PT. AGRA BAREKSA INDONESIA

PENGEMBANGAN APLIKASI TRAVELMANAGEMENTSYSTEM BERBASIS JAVA UNTUK DIVISI FINANCE DAN GENERAL SERVICES PADA PT. AGRA BAREKSA INDONESIA

Oleh : Indra Setiana1; Rulando Irawan2; Franky Hadinata Marpaung

Tujuan penelitian ialah mengembangkan aplikasi Travel Management untuk proses pengajuan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) dan klaim biaya perjalanan dinas (travel expense), proses verifikasi permintaan Travel Ticket Accommodation (TTA), dan untuk melakukan rekapitulasi perjalanan dinas yang telah dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis yang terdiri dari wawancara, studi literatur, dan observasi. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah ExtremeProgramming dimana tahapannya terdiri dari planning untuk mendapatkan userstories, design dengan melakukan perancangan Unified Modelling Language (UML) berupa usecasediagram, usecasenarrative, activitydiagram, classdiagram, dan sequencediagram serta membuat rancangan layar, coding, dan testing yang berupa content testing, user interface testing, performance testing, dan useracceptancetest sebagai langkah akhir sebelum aplikasi digunakan oleh user. Hasil yang dicapai dari penelitian adalah aplikasi TravelManagement yang dapat digunakan untuk pengajuan SPPD dan travel expense, verifikasi permintaan TTA, dan untuk melakukan rekapitulasi perjalanan dinas yang telah dilakukan. Simpulan dari penelitian ini adalah aplikasi TravelManagement mempermudah user dalam proses pengajuan SPPD dan travel expense yang sebelumnya masih dilakukan secara manual, memudahkan key user pada divisi Finance untuk melakukan verifikasi travel expense dengan adanya notifikasi bila terdapat pengajuan travel expense, memudahkan key user pada divisi General Services dalam menyediakan kebutuhan user yang akan melakukan perjalanan dinas yang dikarenakan key user yang berada di headquarter, regional office, dan district office mendapatkan notifikasi sesuai dengan tanggung jawab masing-masing, dan memudahkan user dalam melakukan rekapitulasi terhadap perjalanan dinas yang dilakukan.

Kata Kunci : travelmanagement, java


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close