People Innovation Excellence

PERANCANGAN APLIKASI REAL-TIME CODE EDITOR DENGAN TEKNOLOGI WEB SOCKET

PERANCANGAN APLIKASI REAL-TIME CODE EDITOR DENGAN TEKNOLOGI WEB SOCKET

Oleh : Joe Erik Carla Wijaya, Christine Sotanto, Aditya Kurniawan

Tujuan penelitian ini ialah merancang sebuah konsep aplikasi code editor dengan menggunakan teknologi web socket yang memungkinkan kolaborasi secara real-time. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis dengan menganalisa kebutuhan user melalui kuesioner, sistem yang sedang berjalan, dan melakukan studi literatur. Kemudian berdasarkan hasil analisis tersebut penulis merancang CRC card, UML aplikasi berupa use case diagram, activity diagram, class diagram, sequence diagram, merancang database, dan merancang tampilan aplikasi yang kemudian direalisasikan ke dalam bentuk code. Setelah website selesai dibangun, dilakukan pengujian performa dan melakukan user acceptance test. Hasil yang dicapai adalah sebuah website yang menyediakan real-time code editor dengan menggunakan teknologi web socket untuk memudahkan pengguna dalam membuat program secara kolaboratif dan tersinkronisasi satu sama lain secara real-time. Selain itu, juga menyediakan fitur seperti chat and delete chat, collaboration, build terminal, upload file, download file or folder, create file or folder, rename file or folder, remove file or folder, dan move file or folder. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan penggunaan aplikasi real-time code editor dapat membuat proses pembuatan kode program terkolaborasi dengan lebih mudah dan efektif.

Kata Kunci: Code Editor, Real-time, Web Socket, Kolaboratif, Terminal


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close